Senin, 01 Oktober 2012

CAKEP Dalam Kenangan

Photo kenangan   

Pada saat-saat selesainya Diklat Calon Kepala Sekolah.

Saya merasa berterimakasih sekali kepada seluruh stap pegawai Dinas Pendidikan Kab Kapuas yang telah menempa kami beberapa hari lamanya.
setelah saya cermati dengan seksama isi pelatihan tentang tugas kepemimpinan sebagai kepala sekolah itu tidak gampang banyak poin-poin yang harus lebih dipelajari terutama sekali tentang jiwa-jiwa kepemimpinan itu harus ditanamkan yang dapat meningkatkan nilai plus buat sekolah.

Poin - poin yang harus ditingkatkan itu bukan hanya keterampilan membuat fisik sekolah lebih kelihatan maju tapi lebih dari itu bisa meningkatkan Staf Sekolah ( Guru ) bekerja lebih maksimal yang dapat meningkatkan potensinya bukan hanya dalam bidang pelajaran dan juga menanamkan rasa memiliki sekolah untuk mencapai prestasi disemua lini.

setelah adanya BOS ( Bantuan Operasional Khusus ) membuat fisik sekolah lebih kelihatan maju itu lebih mudah / pasilitas lengkap, tapi apakah menjamin mutu sekolah dapat lebih meningkat jika suasana warga sekolah kurang harmonis baik pertikal maupun horisontal.

Saya masih ingat pesan pak Mulyadi Kabag PNSP Dinas Pendidikan Kab. Kapuas kalau ingin suasana sekolah harmonis harus pintar berbagi. Membagi tugas dengan bijaksana , membagi kesenangan kita buat guru diibaratkan guru itu murid kita menanamkan suasana PAIKEM.

Lokomotor kemajuan sekolah tergantung kepada seberapa jauh kemampuan Kepala Sekolah kapan saatnya angkat bicara dan kapan saatnya bertindak.
salah bicara dan salah tindakan kepala sekolah akan mempengaruhi sekali dalam proses mengoptimalkan lajunya lokomotor kemajuan sekolah.
karena yang menentukan prestasi kepala sekolah dapat diukur dari bicara dan tindakanya yang dapat memajukan sekolah secara keseluruhan bukan dari satu sisi prestasi.

Karena beratnya tugas kepala sekolah maka wajar jika seorang kepala sekolah adalah orang yang dewasa yang bukan hanya dewasa secara fisik tetapi juga dewasa dalam dari pemikiranya atau boleh dikatakan intelek.

Beginilah gambaran umum yang saya dapatkan sewaktu mengikuti calon kepala sekolah, jika ada kekuranganya mohon berikan saran yang positif buat isi dan blog saya ini.

tertanda

BLOGER (ASHARI)


Tidak ada komentar: